Thursday, September 14, 2017

TERMOMETER

A.PENGERTIAN


Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Termometer ini memanfaatkan sifat termometrik dari suatu zat, yakni perubahan dari sifat-sifat zat yang disebabkan perubahan suhu dari zat tersebut. Zat cair termometrik adalah zat cair yang mudah mengalami perubahan fisis jika dipanaskan atau didinginkan, misalnya air raksa dan alkohol. Termometer yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah termometer air raksa.


B.MACAM-MACAM TERMOMETER

Ada bermacam macam jenis termometer yang digunakan, antara lain :
1.termometer alkohol
2.termometer basal
3.termometer merkuri ( air raksa)
4.termometer oral
5.termometer Galileo
6.termometer infra merah
7.termometer cairan kristal
8.termometer termistor
9.Termometer suhu ruangan

Termometer Alkohol  dan Termometer Merkuri

Termometer alkohol adalah termometer yang menggunkan alkohol sebagai media pengukur, yang merupakan alternatif dari termometer air raksa dengan fungsi yang sama. Tetapi tidak sama seperti air raksa dalam termometer kaca. Isi termometer alkohol tidak beracun dan akan menguap dengan cukup cepat. Ruang di bagian atas cairan merupakan campuran dari nitrogen dan uap dari cairan. Dengan meningkatnya suhu maka volumenya naik. Cairan yang digunakan dapat berupa etanol murni atau asetat isoamyl, tergantung pada produsen dan pekerjaan yang berhubungan dengan suhu. Karena termometer ini adalah transparan, maka cairan yang dibuat harus terlihat dengan penambahan pewarna merah atau biru. Termometer alkohol ini adalah yang paling banyak digunakan karena bahaya yang ditimbulkan sangat kecil ketika terjadi kasus kerusakan pada termometer. 
Buka cara menggunakan termometer video cara menggunakan termometer
buka perbedaan termometer alkohol dan termometer air raksa

Termometer Basal
Termometer basal adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu basal tubuh. Suhu tubuh basal adalah suhu terendah yang dicapai oleh tubuh selama istirahat atau dalam keadaan istirahat (tidur). Pengukuran suhu basal dilakukan pada pagi hari segera setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lainnya. Tujuan pencatatan suhu basal untuk mengetahui kapan terjadinya masa subur/ovulasi. 

Termometer Oral
Termometer digunakan untuk mengukur suhu tubuh melalui organ mulut.

Termometer Galileo
Termometer Galileo

Termometer Galileo (atau termometer Galilea), dinamai fisikawan Italia, Galileo Galilei, adalah termometer yang terbuat dari gelas silinder tertutup berisi cairan bening dan serangkaian benda yang kerapatannya sedemikian rupa sehingga mereka naik atau turun sesuai perubahan suhu.


Termometer IR
Termometer Infra merah
Termometer infra merah digunakan untuk mengukur suhu suatu objek dari kejauhan  dan tanpa harus menyentuh objek. Alat ini dapat mengukur suhu dengan cepat dan akurat. Prinsip dasar termometer inframerah adalah bahwa semua obyek memancarkan energi infra merah. Semakin panas suatu benda, maka molekulnya semakin aktif dan semakin banyak energi infra merah yang dipancarkan.

Termometer Termistor
Termistor (Inggris: thermistor) adalah alat atau komponen atau sensor elektronika yang dipakai untuk mengukur suhu. Prinsip dasar dari termistor adalah perubahan nilai tahanan (atau hambatan atau werstan atau resistance) jika suhu atau temperatur yang mengenai termistor ini berubah. Termistor ini merupakan gabungan antara kata termo (suhu) dan resistor (alat pengukur tahanan).


Termometer Suhu Ruangan
Termometer yang digunakan untuk mengukur suhu ruangan. Biasanya dipasang ditembok. Adanya banyak jenis termometer ruangan, ada yang model digital, analog dan ada juga yang berbentuk pipa kaca. Biasa juga dikombinasikan dengan higrometer untuk mengetahui kadar kelembaban ruangan
Termometer ruangan


Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Termometer
http://www.seputarilmu.com/2016/11/pengertian-fungsi-dan-macam-macam.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Termometer_alkohol
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Galileo_Thermometer_24_degrees.jpg
https://id.wikipedia.org/wiki/Termistor

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar