Thursday, January 14, 2016

Moisture Analyzer / Analisa Kadar Air


MOISTURE ANALYZER MAC 50  (POLAX-2L  ATAGO)

           
Pada kesmpatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai prinsip kerja, bagian-bagian, cara kalibrasi, cara penggunaan alat dan cara pembacaan hasil analisa

A. Prinsip Kerja :

B. Bagian bagian Moisture Analyzer MAC 50 :

C. Petunjuk Kalibrasi :

D. Cara Penggunaan Alat :

1. Preparasi sampel dengan cara memperkecil ukuran sampel. Misal sampel makanan ternak bisa       dipreparasi dengan cara ditumbuk dengan menggunakan mortal pastle sampai halus.

2. Sebelum menggunakan moisture analyzer pastikan dalam keadaan normal, ada pan tempat sample dan tersedia arus listrik.

3. Atur Kedudukan Moisture balance dengan cara menyesuaikan sekrup penyangga sehingga posisitepat horizontal  dengan melihat posisi titik pada water pass terletak dibagian tengah lingkaran.

4. Hidupkan Moisture balance dan tunggu sekitar 30 menit sebelum digunakan dengan cara menekan tombol warna merah  sampai display menyala.


.
5.  Pastikan bahwa alat sudah dikalibrasi sebelum digunakan. Metode kalibrasi 
 lihat selengkapnya....

6. Setelah alat siap dioperasikan, kemudian mengatur waktu, suhu dan mode pemanasan yang         diperlukan. :

   a. Mengatur waktu yang diperlukan untuk memanaskan bahan sampai berat konstan


   b. Memilih mode pemanasan yang akan digunakan
            Keterangan mode pemanasan :
         

adalah mode pemanasan cepat, untuk memperoleh suhu yang diinginkan dengan cara menaikka suhu sebesar 30% dari suhu yang diinginkam. Setelah suhu yang diinginkan tercapai  maka suhu akan dipertahankan sampai timer berhenti
 adalah mode pemanasan tengah. Pada mode mild ini kita bisa menuliskan berapa waktu( t1) yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diiginkan( misal dalam gambar dibawah suhu yang diinginkan sebesar 120  derajad.

Cara penggunaan  :

 adalah mode pemanasan dapat dilakukan secara bertahap. Misal pada gambar dibawah untuk mencapai suhu 120 dilakukan melalui 2 tahapan pemanasan. tmp1 menunjukkan suhu yang dicapai setelah t1 (menit) dan tmp2 merupakan suhu setelah t2, Begitu seterusnya disesuaikan dengan mode yang dipilih

   c. Memilih satuan yang akan digunakan

             Keterangan :

7.  Setelah semuanya diatur, kemudian kita bisa melakukan proses pemanasan. langkah                langkahnya adalah sebagai berikut :

         Tekan tombol start pada display akan muncul perintah untuk memasukkan pan, kemudian buka penutup alat dan masukkan pan. Setelah pan dimasukkan kemudian tutup kembali dan tekan tombol zero (untuk meng-enolkan ). Lihat lagi perintah yang ditunjukkan pada layar yaitu perintah memasukkan sampel dan kemudian tutup penutup moisture analizer. Pemanasan mulai bekerja setelah cover sudah ditutup. Untuk melihat DEMO VIDEO bisa klik disibi



Sumber dari :
Operating Instruction no.:LMI-45-02/07/11/eng

1 comment:

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar