Wednesday, September 2, 2015

Pengenalan Alat-alat Instrumen Lab kimia dan Fungsinya

Pendahuluan

    Sebelum membahas perlatan yang digunakan di laboratorium  kimia instrumen, sebaiknya sudah mengetahui pengertian dan kegunaan laboratorium seperti dijelaskan sebelumnya. Pengertian laboratorium sudah dijelaskan di postingan sebelumnya silahkan kunjungi disini untuk mendapatkan informasi mengenai pengertian laboratorium.
    Setelah teman-teman mengetahui pengertian laboratorium secara umum, kami akan mengulas singkat mengenai laboratorium kimia instrumen. Lab Instrumen digunakan untuk kegiatan praktikum kimia instrumen, kimia makanan, dan kimia pemisahan lanjut. Peralatan pendukung utama yang tersedia adalah HPLC, GC, GCMS, AAS, Spektrofotmeter UV/VIS, FTIR, COD/BOD, Turbidimeter, Centrifuge, Freeze dryer, dan oven/furnace, dan water demineralizer dll. Alat instrumen merupakan terobosan teknologi terbaru dalam bidang laboratorium, sehingga keberadaannya  akan sangat membantu dan mempercepat kegiatan dilaboratorium. Namun tidak semua laboratorium mempunyai alat-alat tersebut diatas karena harga alat-alat tersebut relatif mahal. Peralatan tersebut diatas mungkin hanya dimiliki oleh laboratorium yang besar sehingga kemungkinan laboratorium kecil belum mempunyai alat alat tersebut.

Pengenalan Peralatan laboratorium Instrumen

      Untuk menunjang kesuksesan praktikum maupun eksperimen maka diperlukan perlatan khusus di laboratorium Instrumen. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa peralatan yang ada di laboratorium kimia instrumen yang kami miliki. Berikut gambar dan sedikit penjelasan mengenai peralatan yang ada di laboratorium kimia instrumen antara lain :
silahkan buka peralatan laboratorium kimia instrument 

1. Spektrofotometer Visible



Spektrofotometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur absorbansi dengan cara melewatkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu pada suatu objek kaca atau kuarsa yang disebut kuvet.Spektrofotometri merupakan salah satu metode dalam kimia analisis yang digunakan untuk menentukan komposisi suatu sampel baik secara kuantitatif dan kualitatif yang didasarkan pada interaksi antara materi dengan cahaya. Cahaya yang dimaksud dapat berupa cahaya visibel, UV dan inframerah, sedangkan materi dapat berupa atom dan molekul namun yang lebih berperan adalah elektron valensi. Sedangkan alat yang digunakan adalah spektrofotometer. Spektrofotometer uv mampu bekerja pada panjang gelombang 400 - 700.




 

2. Spektrofotometer UV Vis



    Pengertian spektrofotometri dan spektrofotometer sudah dijelaskan di no 1. Perbedaanya  spektrometer UV Vis mampu bekerja pada range panjang gelombang yang lebih banyak, yaitu mampu mengukur pada panjang gelombang Pada Range 200 - 1000.
      Sumber sinar polikromatis berfungsi sebagai sumber sinar polikromatis dengan berbagai macam rentang panjang gelombang. Untuk sepktrofotometer
  1.     UV menggunakan lampu deuterium atau disebut juga heavi hidrogen
  2.     VIS menggunakan lampu tungsten yang sering disebut lampu wolfram
  3.     UV-VIS menggunan photodiode yang telah dilengkapi monokromator.
  4.     Infra merah, lampu pada panjang gelombang IR.

3. Polarimeter

Polarimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur besarnya putaran optik yang dihasilkan oleh suatu zat yang bersifat optis aktif yang terdapat dalam larutan.Jadi polarimeter ini merupakan alat yang didesain khusus untuk mempolarisasi cahaya oleh suatu senyawa optis aktif. untuk informasi lebih detail silahkan klik disini

 

 4. Moisture Balance

Moisture balance atau istillah lain moisture meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kelembapan, mengukur kadar air, mengukur derajat kering bahan. Moisture meter merupakan alat listrik yang memanfaatkan prinsip pengurangan kadar air dan pengaturan suhu. Untuk informasi lebih lengkap silahkan klik disini

 

 

 

 

 

 

5. Portable Turbidi meter

 

Turbidi meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ingkat keruhan Bahan. Untuk jenis turbidimeter disamping merupakan jenis turbidi meter portable artinya penempatannya bisa dipindah tempatkan. maksudnya alat ini bisa dipakai kemana-mana.
Untuk informasi lebih silahkan buka Turbidimeter
 Silahkan Buka cara menggunakan Turbidi meter

 

 

 

 

 

6. DO meter

Do Meter (Demand Oxygen) adalah alat yang digunakan untuk mengukur oksigen terlarut. Jenis Do meter gambar disamping adalah jenis DO meter portabel. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi disini





 7. Seperangkat BOD Sensor

BOD singkatan dari Biological Oxygen Demand, atau kebutuhan oksigen biologis untuk memecah bahan buangan di dalam air oleh mikroorganisme. Nilai BOD ini yang nantinya sebagai parameter kualitas suatu produk atau bahan











 

8. pH Meter


     pH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman / pH suatu bahan. pH meter disamping merupakan jenis alat portable dan seblum digunakan harus dilakukan kalibrasi dengan menggunakan larutan bufer agar hasil pengukuran yang ditampilkan adalah akurat. Berbeda dengan menggunakan kertas lakmus maupun pH universal, dengan pH meter kita dapat langsung membaca hasil yang ditampilkan di layar. pH meter ini mempunyai ketelitian yang jauh lebih teliti dibanding dengan menggunakan lakmus maupun kertas indikator.
Untuk informasi lebih lengkap silahkan klik disini








 9. TDS meter

Tds meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur partikel padatan terlarut di air  yang tidak tampak oleh mata manusia. Banyak sedikitnya nilai TDS akan menentukan parameter kualitas suatu bahan.















Silahkan buka pengenalan alat laboratorium kimia instrument untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

    Demikian pemaparan singkat mengenai pengenalan peralatan di laboratorium kimia instrumen. Sebenarnya masih ada banyak lagi peralatan khusus yang digunakan  dilaboratorium kimia isntrumen. Dengan mengetahui nama alat dan apa fungsi dari alat-alat laboratorium tersebut, semoga dapat menunjang kegiatan praktikum atau eksperimen anda. Kami akan mencoba membahas informasi seputar laboratorium di kesempatan yang lain. Silahkan kunjungi kembali www.infolaborat.com untuk informasi lebih lanjut....

    Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga artikel dari kami memberikan manfaat. Jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik dan saran, serta mengikuti informasi di kesempatan berikutnya, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih banyak ..

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar