Tuesday, September 15, 2015

COLONY COUNTER


COLONY COUNTER

Adalah alat bantu yang digunakan untu menghitung koloni bakteri yang ditumbuhkan di media yang disimpan dalam cawan petridish. Jenis colony counter ada yang otomatis dan semi otomatis, untuk yang otomatis adalah penghitungan jumlah sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem komputerisasi. Sedangkan yang semi otomatis adalah perhitungan dengan cara menyentuh bakteri yang tumbuh kemudian alat akan menghitung secara otomatis.
Selengkapnya buka video cara menggunakan colony counter

Bagian bagian Colony counter.

Untuk menegenal lebih jauh mengenai Colony counter , mari kita amati bagian bagian dan cara menggunakannya. Berikut bagian bagian colony counter  ( Funke Gerber) :


Keterngan :

Saklar on/off              = Saklar general untuk menghidupkan colony counter
Fuse                           = berfungsi memutuskan hubungan listrik apabila terjadi arus listrik yang                   berlebihan    atau pada saat konsleting
Wolffugel disk           = tempat meletakkan cawan petrish sudah dilengkapi garis kotak untuk                       mempermudah pembacaan.
Saklar beep                = Akan bunyi ketika menyentuk petri, apabila dihidupkan
Knop Sensifitas         = untuk mengatur kepekaan sentuhan dengan cara memutar kekiri atau kekanan
Kaca pembesar          = mempermudah pembacaan pada koloni yang kecil

CARA PENGGUNAAN ALAT

  1. Hidupkan Saklar general
  2. Atur knop sensifitas, dan saklar bunyi beep
  3. Pilih “MODE (M)” kemudian sesuaikan kecerahan lampu atau warna dasar yang sesuai dengan cara memilih panah atas atau bawah.
  4. Jika ingin menambah kecerahan pada saat display huruf “L”/ light dan didepannya nilai kecerahannya dengan memencet panah atas ataupun sebaliknya.
  5. Jika ingin merubah warna dasar maka pada saat display “C” / colour dan maka pilih panah atas atau bawah. Ada banyak sekali pilihan warna dasar yang disediakan alat ini. Misal seperti gambar dibawah ini:
  6. Letakkan cawan petridish pada permukaan yang ada garis kotak, kemudian hitung koloni bakteri dengan cara menekan dan menandai bakteri yang tumbuh dengan menggunakan spidol.
  7. Untuk memulai penghitungan lagi maka tekan tombol “R” / Reset sehingga display akan terlihat angka 000.
  8. Demikian seterusnya.
Selengkapnya silahkan lihat video cara menggunakan colony counter

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar