Saturday, August 1, 2015

BERANDA

PENGELOLAAN LABORATORIUM


     Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai pengelolaan laboratorium kimia.
     Sebelum melangkah ke Pembahasan, saya mau bertanya kepada anda:"apa yang anda bayangkan tentang laboratorium ?"

    Laboratorium (biasa disingkat lab) adalah tempat dimana para siswa, mahasiswa, atau tenaga ahli melakukan praktik,  analisa, ekperimen dll. Ada bermacam-macam laboratorium, misal lab. komputer, lab elektro, lab. biologi, lab kimia. dan lain-lain.Laboratorium yang akan kita bahas nanti adalah laboratorium Kimia

     Laboratorium kimia merupan tempat dimana didalamnya disimpan peralatan lab, bahan kimia, dokumen-dokumen dan fasilitas pendukung lainya. Untuk menangani hal tersebut diperlukan suatu teknik pengelolaan laboratorium kimia yang benar, aman, nyaman dan rapi. Pengelolaan laboratorium diperlukan ada beberapa alasan yaitu faktor keselamatan kerja, kemudahan pengelolaan alat dan bahan.

      Sebelum melakukan praktikum di laboratorium diwajibkan bagi para praktikan untuk mengetahui tentang penggunaan alat, perawatan alat, bon alat, sifat bahan, resiko bahan, cara perlindungan diri, dan pengetahuan resiko mengenai dampak yang mungkin terjadi.

 Dalam pembahasan nanti kalau ditemukan ada kesalahan penulisan atau kesalahan dalam pembahasan, saya sangat berharap kritik dan saran dari pembaca. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

    Demikian pemaparan awal mengenai Pengelolaan Laboratorium kimia. selamat membaca

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar